Thursday, February 14, 2013

Berapa jumlah sendi di dalam tubuh manusia?


Dalam Ensiklopedia Global (The Global Encyclopedia) hanya disebutkan jumlah tulang dan klasifikasinya, namun tak dirinci. Ensiklopedia Britanica menggolongkan tulang-tulang dan kerangkanya pada manusia dalam 3 kumpulan besar tanpa pembatasan, yaitu:
  • Struktur pusat yang meliputi: tulang punggung dan sebagian besar tengkorak
  • Struktur dalam yang meliputi: rongga dada, tulang rahang bawah, dan sebagian organ-organ tulang rahang atas.
  • Terminal Struktur yang meliputi: tulang-tulang panggul (pelvis), tulang-tulang belikat, dan ujung-ujung pada tulang rawan.

Di dalam The Hatchinson Encyclopedia yang tersebar pada tahun 1995 juga menyebutkan jumlah tulang-tulang di dalam kerangka tubuh pada manusia hanya 206 saja.


Sebagai tambahan berikut ini kami salinkan sebuah tulisan dalam website "Ask a Biologist" (Tanyakan Pakar Biologi) yang berisi sebuah pertanyaan dari seorang pengunjung yang menanyakan tentang berapa jumlah sendi atau persendian tubuh manusia. Perhatikan jawaban sang pakar:


QUESTION:

hello
i wanna ask a question , please ..
How many joints are in the human body , according to the latest results ?!
thank you a lot ..
amon ..!



ANSWER:

Not sure what you mean by "latest results" since the answer has not changed for a very long time!

Having said that it is very difficult to give a precise answer since it varies with the age of the person. A foetus has about 300 bones, but by the time of birth, many of them have fused together. The average adult human has 206 bones. If that wasn't complicated enough one then gets into difficulty by what is meant by a "joint". For example the skull is made up of a large number of small bony plates that knit together along their edges into a permanently fused structure that we think of as a single unit. Do we count each of those plates and where they meet as a "joint"?

In summary there is no definite answer to this question but the number is likely to be about 250-350.



Terjemahan artikel website ini kira-kira sebagai berikut:

PERTANYAAN:

saya ingin mengajukan pertanyaan, mohon dijawab..
Berapa banyak sendi dalam tubuh manusia, menurut hasil terbaru?
terima kasih banyak ..


JAWABAN:

Kami tidak yakin apa yang Anda maksud dengan "hasil terbaru" karena jawabannya tidak berubah untuk waktu yang sangat lama!

Setelah mengatakan bahwa sangat sulit untuk memberikan jawaban yang tepat karena bervariasi dengan usia orang. Janin memiliki sekitar 300 tulang, tapi pada saat kelahiran, banyak dari mereka telah digabungkan bersama. Manusia dewasa rata-rata memiliki 206 tulang. Jika itu tidak cukup rumit, seseorang kemudian akan menemukan kesulitan lagi dalam menentukan apa yang dimaksud dengan "sendi". Misalnya tengkorak terdiri dari sejumlah besar lempeng tulang kecil yang dijalin sepanjang tepi mereka menjadi struktur permanen menyatu yang kita anggap sebagai satu kesatuan. Apakah kita menghitung masing-masing piring dan di mana mereka bertemu sebagai "sendi"?

Singkatnya tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini namun jumlah tersebut kemungkinan akan menjadi sekitar 250-350.


(lihat: http://www.askabiologist.org.uk/answers/viewtopic.php?id=3009)

Akan tetapi seorang Doktor muslim bernama Hamid Ahmad Hamid di dalam bukunya ‘Perjalanan Iman di dalam tubuh manusia’( “The Journey of Faith inside the Human Body”), menyebutkan dengan sangat detail 360 persendian pada manusia, sebagaimana yang disebutkan secara eksplisit sangat jelas oleh Rasulullah di dalam haditsnya 14 abad yang lalu.Adapun jumlah persendian tersebut adalah:

A. 147 persendian yang terdapat pada vertebrae/ tulang punggung:

  • 25 sendi di area vertebrae/tulang punggung
  • 72 sendi di antara vertebrae/tulang punggung dan costae/tulang rusuk.
  • 50 sendi di antara vertebraetulang punggung.
B. 24 persendian pada thorax/dada:
  • 2 sendi di antara 2 tulang dada dan rongga dada
  • 18 sendi di antara dada dan rusuk
  • 2 sendi di antara tulang selangka dan tulang bahu
  • 2 sendi di antara tulang bahu dan dada.
C. 86 persendian area atas:
  • 2 sendi di antara 2 tulang bahu
  • 6 sendi di antara 2 siku tangan
  • 8 sendi di antara 2 pergelangan tangan
  • 70 sendi di antara tulang-tulang tangan.
D. 92 sendi area bawah:
  • 2 sendi di antara 2 paha
  • 6 sendi di antara 2 lutut
  • 6 sendi di antara 2 mata kaki
  • 74 sendi di antara 2 kaki
  • 4 sendi di antara tulang lutut
E. 11 sendi gelang panggul:
  • 4 sendi di antara tulang punggung dan tulang ekor
  • 6 sendi di antara tulang pangkal paha
  • 1 sendi pada simfisis pubis (pubic symphysis).

Jumlah keseluruhan adalah: 147+24+86+92+11= 360 sendi.


Namun ada suatu hal yang sangat mengagumkan  bahwa dalam suatu hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan jumlah persendian pada tubuh manusia dengan sangat detail (360 sendi) di zaman yang pada saat itu belum berkembang anatomi tubuh dan jumlah kerangka tulang beserta sendi-sendi di dalamnya.


حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو تَوْبَةَ الرَّبِيعُ بْنُ نَافِعٍ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ يَعْنِي ابْنَ سَلَّامٍ عَنْ زَيْدٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَلَّامٍ يَقُولُ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ فَرُّوخَ أَنَّهُ سَمِعَ عَائِشَةَ تَقُولُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِي آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلَاثِ مِائَةِ مَفْصِلٍ فَمَنْ كَبَّرَ اللَّهَ وَحَمِدَ اللَّهَ وَهَلَّلَ اللَّهَ وَسَبَّحَ اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ اللَّهَ وَعَزَلَ حَجَرًا عَنْ طَرِيقِ النَّاسِ أَوْ شَوْكَةً أَوْ عَظْمًا عَنْ طَرِيقِ النَّاسِ وَأَمَرَ بِمَعْرُوفٍ أَوْ نَهَى عَنْ مُنْكَرٍ عَدَدَ تِلْكَ السِّتِّينَ وَالثَّلَاثِ مِائَةِ السُّلَامَى فَإِنَّهُ يَمْشِي يَوْمَئِذٍ وَقَدْ زَحْزَحَ نَفْسَهُ عَنْ النَّارِ

Telah menceritakan kepada kami Hasan bin Ali Al Hulwani Telah menceritakan kepada kami Abu Taubah Ar Rabi' bin Nafi' Telah menceritakan kepada kami Mu'awiyah bin Sallam dari Zaid, bahwa ia mendengar Abu Sallam berkata, Abdullah bin Farrukh berkata kepadaku bahwa ia mendengar 'Aisyah berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda: 
"Sesungguhnya setiap manusia dari anak cucu Adam diciptakan memiliki tiga ratus enam puluh rangkaian persendian, maka barangsiapa yang bertakbir, bertahmid, bertahlil, bertasbih serta memohon ampun Allah, menyingkirkan bebatuan, duri-durian atau tulang belulang dari jalan yang biasa dilewati manusia, serta menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar adalah sebanding dengan tiga ratus enam puluh jumlah persendian, sungguh pada hari itu ia berjalan sedang ia telah menjauhkan dirinya dari adzab api neraka." (Shahih Muslim: 1675)


Rangka manusia terdiri dari kumpulan tulang yang fungsinya menyangga tubuh dan memberinya bentuk, sekaligus melindungi alat-alat dan bagian-bagiannya, plus menyediakan permukaan yang kokoh yang menjadikan landasan urat.

Tanpa persendian yang telah disiapkan Allah agar sebagian besar tulang rangka manusia yang keras dapat bergerak, tentu manusia akan menderita banyak kesakitan, dan menghadapi berbagai macam persoalan dan beragam kesulitan. Dari sinilah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berwasiat kepada manusia untuk bersyukur kepada Allah setiap hari sesuai dengan (bersedekah) minimal sejumlah sendi di tubuhnya jika memang tidak dapat melakukan lebih banyak lagi. Ketika manusia melakukan zikir, syukur, dan sedekah maka sesungguhnya dia tidak akan mampu memenuhi syukur kepada Allah walau untuk satu sendi dari 360 sendi yang telah diciptakan Allah di dalam tubuhnya.

Pertanyaannya, siapakah yang mungkin mengejarkan kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam bahwa setiap manusia diciptakan dengan 360 sendi? Siapakah yang mendorong Nabi shallallahu 'alaihi wasallam untuk menyelami hal-hal gaib seperti ini? Allah. Jikalau Allah tidak menguatkan ilmu ini dengan ilmu dari sisiNya yang telah mendahului semua ilmu manusia, maka percuma saja ilmu yang diturunkan dan diilhamkan-Nya di dalam kitab-Nya kepada Nabi terakhir-Nya ini. Penyebutan masalah ini dalam hadist shahih yang dinisbatkan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sebagaimana yang dikaji di atas merupakan bukti tersendiri atas kenabian dan kerasulan hingga hari kiamat.

Inilah gambaran anatomi berdasarkan hadits Rasulullah yang tidak bisa dibantah oleh manapun baik, dokter, spesialis, dan berbagai ahli kedokteran. Sudah jelas bagaimana hebatnya umat muslim mempunyai seorang Rasul yang juga ahli dalam anatomi. Allahumma Shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala alihi wa ashhabihi ajma’in. Semoga shalawat kesejahteraan, salam kedamaian dan keberkahan selalu tercurahkan kepada beliau beserta keluarga, sahabat, dan mereka yang mengikuti petunjuknya dan berjuang di jalan-Nya sampai kiamat kelak. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Semoga kita di akhirat kelak termasuk sebagai umatnya karena selalu merujuk pada Al Quran dan hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, aamiin…


Sumber : http://www.facebook.com/muallaf.network (copy paste dengan perubahan dari http://mediadidik.blogspot.com/2012/03/mukjizat-hadist-nabi-tentang-sendi.html)

0 comments:

Post a Comment